Dokumenter BBC Ungkap Ancaman Hooligan Rusia di Piala Dunia 2018

Oleh: Teddy Cutler
16 Februari 2017
Sumber: Newsweek.com

Piala Eropa 2016 diwarnai kekerasan.

Video: Oligarki dan miliarder Rusia dituntut dengan tuduhan hooliganisme, dan menghadapi ancaman penjara.
Video: Oligarki dan miliarder Rusia dituntut dengan tuduhan hooliganisme, dan menghadapi ancaman penjara.

Para suporter sepakbola Inggris boleh menyangka akan adanya “festival kekerasan” di Piala Dunia 2018 FIFA di Rusia, menurut sebuah dokumenter yang akan dilansir BBC.

Pertempuran berketerusan antara suporter Inggris dan Rusia mendominasi puncak dan pasca pertandingan negara-negara di Euro 2016 Juni lalu. Sekitar 150 hooligan Rusia, dikenal sebagai “Ultra”, dikabarkan oleh Daily Telegraph melintas ke Marseille, Prancis, pada 11 Juni, untuk tujuan jelas yakni melakukan hooliganisme.

Para jaksa Marseille mengatakan kelompok tersebut “dipersiapkan dengan baik untuk aksi ultra-cepat, ultra-keras”. UEFA, badan pengatur sepakbola Eropa, mengancam mengeluarkan Inggris dan Rusia dari turnamen jika kekerasan berlanjut.

Dokumenter BBC, Russia’s Hooligan Army, yang akan mengudara pada Kamis malam, menggambarkan ancaman dari “firma” atau gang hooligan Rusia terhadap suporter Inggris, warta Guardian.

“Mereka bisa datang, dan kita lihat saja nanti. Seseorang akan melakukan sesuatu, itu hampir 100 persen—100 persen dijamin,” kata seorang hooligan terkemuka Rusia yang dikenal dengan nama “Denis”.

FARE (Football Against Racism in Europe), organisasi pemantau milik UEFA dan FIFA mengumumkan Juli lalu bahwa penggemar Rusia berencana menimbulkan “ketakutan signifikan” di Piala Dunia 2018.

BBC memberitakan Kamis pagi bahwa presiden FIFA Gianni Infantino mengaku “tidak khawatir sama sekali” oleh prospek kekerasan sepakbola di ajang akbar sepakbola dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s